Pages

Thursday, March 17, 2011

Ascent of Man -Lower Than The Angels-

buku Ascent of Man, karya Jacob Bronowski


Ascent of Man, ini adalah buku karangan Jacob Bronowski yang menceritakan tentang kisah manusia dari primitif sampai manusia modern seperti kita sekarang. Ilmuan mempercayai adanya keterkaitan antara manusia dengan primata. Jika kita lihat secara fisik, manusia dan primata itu tidak jauh berbeda. Contohnya saja alat geraknya, manusia dan primata sama-sama mempunyai dua pasang alat gerak berupa tangan dan kaki. Karena adanya kedekatan secara fisik inilah akhirnya seorang ilmuan bernama Charles Darwin membuat teori tentang evolusi manusia yang akhirnya dikenal oleh kita dengan “Teori Darwin”. Saya sendiri kurang setuju dengan teori ini karena jika manusia itu berasal dari primata (kera) kenapa sampai sekarang ini masih ada kera. Bukankah dikatakan manusia berevolusi dan beradaptasi sesuai jaman, berarti mestinya tidak ada lagi kera seperti sekarang.

Jacob Bronowski dalam bukunya Ascent of Man yang terdapat dalam bab 1 -Lower than the Angels- menyatakan bahwa manusia lebih rendah dari malaikat. Kenapa bisa begitu? Padahal dikatakan dalam Al-Quran bahwa manusia itu makhluk yang lebih mulia baik dari iblis maupun malaikat. Tapi jika kita kaitkan ilmu pengetahuan dengan agama rasanya tidak akan bertemu keterkaitannya. Bukannya mengingkari apa yang tertulis dalam kitab suci, tapi adakalanya kita
sebagai makhluk yang diberi intelejensi oleh Allah SWT juga harus mencari kebenaran berdasarkan ilmu pengetahuan.



Manusia, adalah sesuatu yang sangat istimewa didunia ini. Mereka dapat berbicara, dapat berjalan, dapat tumbuh, dapat bertahan hidup. Memang semua itu dimiliki mahluk selain manusia, tetapi yang membuat manusia itu istimewa adalah akal pikiran, hati dan perasaan. Dengan hati dan perasaan, manusia bisa mengenal kasih dan sayang, bisa mengenal saling tolong menolong, bisa mengenal saling membagi cinta. Dan dari mulai zaman pertama adanya keberadaan manusia, manusia sudah bisa membuat inovasi – inovasi yang spektakuler . Mulai dari membuat alat – alat pertanian, alat – alat pemburuan, dari batu dan lain-lain. Semua itu berasal dari sesuatu yang sangat dari manusia itu sendiri yang tidak dimilliki oleh mahluk – mahluk lain yang diciptakan manusia didunia ini yaitu adalah akal pikiran.

Dengan akal pikiran, manusia bisa melakukan sesuatu dengan pemikiran yang matang, tidak gegabah, tidak asal – asalan, tidak ceroboh. Lalu dengan akal pikiran, hati, dan perasaan, terciptalah mahluk yang sangat sempurna yaitu manusia, semua itu adalah gift dari Allah SWT. Dengan semua itu manusia bisa belajar, bisa memiliki anak, mengasihi dan menyayangi anak mereka. Namun mahluk lain?, contohnya binatang. Binatang bertahan hidup hanya dengan menggunakan instingnya, binatang melakukan sesuatu berdasarkan apa yang menurut mereka benar dan tidak mengancam keselamatan diri mereka, dan pada intinya mereka tidak miliki akal pikiran, tetapi mereka memiliki hati dan juga perasaan. Buktinya mereka bisa merawat anak – anaknya dengan baik. Contohnya, seperti induk ayam yang setia mengerami telur – telurnya hingga menetas, kangguru melindungi anaknya dengan meletakkan anaknya didalam kantongnya, koala yang melindungi anak nya dengan cara menggendong anaknya kemana pun induknya pergi . Namun, mereka melakukan semua itu hanya dengan menggunakan insting mereka untuk bertahan hidup.

Meliputi cakupan luas dunia dari fajar manusia (dimana manusia baru terbantuk) sampai zaman modern, Bronowski meneliti bagaimana manusia telah menjadi pembentuk dari sekelilingnya bukannya dibentuk oleh itu. Setiap spesies lainnya telah diadaptasi agar sesuai dengan lading ekologis tertentu, mereka telah berevolusi untuk lingkungan tertentu. Manusia, meskipun relatif lemah atribut fisik telah mampu membentuk dunia dengan unik inilah keajaiban yang telah diberikan kepada manusia. Bronowski percaya bahwa itu tidak begitu banyak evolusi biologis, tetapi evolusi budaya yang telah menciptakan manusia apa yang hari ini.

Menelusuri evolusi manusia dari pemburu mereka mengumpulkan fase-fasenya sampai ke fase yang sekarang, ia mengatakan bahwa perubahan makanan dari pabrik untuk bahan dasar hewan memberi manusia lebih banyak waktu bebas untuk digunakan untuk digunakan dalam mempelajari kemampuan untuk mendapatkan makanan dari sumber yang tidak bisa ditangani oleh kekuatan murni (fisik). Efek yang paling ditandai dari ini adalah untuk mendorong tindakan yang dilakukan secara berkelompok dan komunikasi antara sesama. Langkah tunggal terbesar berikutnya dalam pendakian manusia adalah perubahan dari cara hidup nomaden untuk pertanian desa, yang dimungkinkan oleh serangkaian peristiwa alam dan manusia. pertanian yang diselesaikan menciptakan teknologi dari yang semua ilmu yang tiada batas.

Mengambil minat pembaca melalui perjalanan waktu, Bronowski senang akan penemuan dan penemuan ilmiah dibuat selama sepuluh ribu tahun terakhir-dari domestikasi gandum dalam 8.000 SM dengan struktur spiral ganda DNA pada 1950-an. Dia menjelaskan alat yang memperpanjang tangan manusia sebagai instrumen visi-mereka mengungkapkan struktur baru dan memungkinkan untuk menempatkan mereka bersama-sama dalam kombinasi yang imajinatif.

Dengan menggali jauh ke dalam kehidupan dan pemikiran yang luar biasa dari berbagai orang, Bronowski membahas berbagai subyek yang kompleks yang lebih luas dari Antropologi untuk Astronomi dan dari Matematika ke Biologi. Dia mengungkapkan hubungan yang membawa sesuatu bersama budaya dengan memperkenalkan kami tentang Pythagoras, yang menemukan hubungan mendasar antara harmoni musik dan matematika, Euclid, Ptolemy dan sarjana Arab yang senang dalam perhitungan dan geometri. Penulis menunjukkan bagaimana penyebaran ide-ide sepanjang rute perdagangan – penyebaran sistem angka untuk notasi angka dari dunia Arab dan sistem desimal dari India – matematika berubah selamanya.

Dari matematika untuk astronomi adalah langkah logis. Peradaban Maya disimpan astronom mereka dalam struktur seperti piramida dan kalender dikembangkan untuk melacak perjalanan bintang-bintang, matahari ditempatkan di pusat sistem planet oleh Copernicus dan Galileo memberikan hidupnya untuk membuktikan bahwa begitu. Kehidupan orang-orang ini memiliki dampak yang mendalam terhadap cara hidup modern. Meskipun tidak memperhitungkan pendakian hidup, manusia dapat meninggalkan hal-hal seperti Isaac Newton dan Albert Einstein, Bronowski menjelaskan lebih dari pekerjaan mereka. Dia menunjukkan kepada kita bagaimana mereka berpikir dan bagaimana karakter mereka pasti pekerjaan mereka.

Revolusi Industri adalah penemuan terbesar sepanjang masa kekuasaan ketika sumber energi baru ditemukan dan digunakan. Dengan banyak datang nya karakteristik dunia modern yang kita benci-sistem mulai dari pabrik dengan jam kerja yang tidak manusiawi, bos tirani, polusi dan dominasi laki-laki oleh mesin. Sementara itu Bronowski membawa ini untuk member kita pengetahuan akan hal ini, Bronowski tidak meninggalkan sisi lain dari zaman ini – suatu hal yang menyenangkan penemuan dan rasa menyenangkan dalam menemukan cara-cara baru dalam melakukan sesuatu. Ia percaya bahwa revolusi ini sama pentingnya dengan kembalinya hidup manusia dalam pendakian manusia-sementara salah satunya yaitu mendirikan martabat manusia; membentuk kesatuan lain dari alam.

Menjelaskan teori evolusi oleh seleksi alam yang diajukan oleh Charles Darwin dan Alfred Wallace, Bronowski mengatakan bahwa itu adalah inovasi yang paling penting ilmiah tunggal dari abad kesembilan belas. Hal ini menunjukkan bahwa dunia dalam gerakan dan penciptaan yang tidak statis, melainkan berubah sesuai dengan waktu tidak seperti dunia fisik. Penemuan lain yang telah membentuk biologi adalah salah satu oleh ilmuwan kontemporer, yang menyatakan siklus kehidupan dalam bentuk kimia yang menghubungkan mereka dengan alam secara keseluruhan.

Saat kita melihat ilmu-ilmu fisik, Bronowski mengatakan bahwa tujuan dari ilmu fisika telah memberikan gambaran yang tepat dari dunia material. Satu pencapaian fisika pada abad kedua puluh telah membuktikan Tujuan yang tak terjangkau! Fisikawan telah menunjukkan bahwa tidak ada pengetahuan mutlak; semua informasi tidak sempurna dan kita harus memperlakukannya dengan rendah hati.

Dalam bab terakhir dalam buku, berjudul The Long Childhood, Bronowski kembali ke apa yang membuat manusia manusia dan apa yang telah membuat pendakian manusia mungkin. Dia mengatakan, “Kita semua takut – untuk keyakinan kita, untuk masa depan, untuk dunia. Itulah sifat alami dari imajinasi yang terdapat pada manusia. Namun bagi setiap orang, setiap peradaban sudah maju karena terjadi keterlibatan dengan apa yang telah menyiapkan diri setiap manusia untuk ikut mengembangkan peradaban tersebut baik sadar maupun secara tidak sadar. Komitmen pribadi manusia untuk kemampuan, komitmen intelektual dan komitmen emosional bekerja bersama sebagai satu, telah membuat Pendakian hidup dari Manusia".

Manusia, meskipun relatif lemah atribut fisik telah mampu membentuk dunia dengan hadiah unik. Bronowski percaya bahwa hal itu tidak begitu banyak evolusi biologis, tapi evolusi budaya yang telah menciptakan manusia apa yang hari ini. Menelusuri evolusi dari manusia pemburu mereka berkumpul untuk fase yang sekarang, perubahan dalam diet dari tanaman bahan berbasis hewan manusia memberikan lebih banyak waktu bebas untuk menghabiskan membangun kemampuan untuk mendapatkan makanan dari sumber yang tidak dapat ditangani oleh kasar kekuatan. The most marked effect of this was to foster group action and communication. Efek yang paling ditandai ini adalah untuk mendorong tindakan kelompok dan komunikasi. The next single largest step in the ascent of man was the change from a nomadic way of life to village agriculture, made possible by a set of natural and human events. Dalam era tersebut proto kera sudah mulai berkomunikasi dengan bahasa mereka. Mereka masih menetap di sebuah tempat. Mereka belum memulai untuk berpindah tempat. Alat yang digunakan mereka adalah tangan mereka sendiri, karena mereka belum mengenal alat-alat yang lebih modern. Setelah beberapa lama dan melalui proses yang panjang, akhirnya mereka menemukan sebuah alat yaitu yang terbuat dari batu. Latar belakang mereka dapat menemukan alat tersebut adalah bahwa mereka berfikir bagaimana cara yang lebih mudah untuk menyelesaikan sesuatu. Karena mereka mulai lelah akibat tidak ada alat bantu yang mempermudahkan mereka.

Dipandang dari segi ilmu eksakta, manusia adalah kumpulan dari partikel-partikel atom yang membentuk jaringan sistem yang dimiliki oleh manusia ( ilmu kimia ). Manusia merupakan kumpulan dari berbagai sistem fisik yang saling terkait satu sama lain dan merupakan kumpulan dari energi ( ilmu fisika ). Manusia merupakan mahluk biologis yang tergolong dalam golongan mahluk mamalia ( biologi ). Dalam ilmu-ilmu sosial, manusia merupakan mahluk yang ingin
memperoleh keuntungan atu selalu memperhitungkan setiap kegiatan, sering disebut homo economicus ( ilmu ekonomi ). Manusia merupakan mahluk sosial yang tidak dapat berdiri sendiri ( sosiologi ), mahluk yang selalu ingin mempunyai kekuasaan ( politik ).

1. Manusia itu terdiri dari empat unsure yang saling terkait, yaitu :
a. Jasad; yaitu badan kasar manusia yang nampak pada luarnya, dapat diraba, dan difoto, dan menempati ruang dan waktu.
b. Hayat; yaitu mengandung unsure hidup, yang ditandai dengan gerak
c. Ruh; yaitu bimbingan dan pimpinan Tuhan, daya yang bekerja secara spiritual dan memahami kebenaran, suatu kemampuan mencipta yang bersift konseptual yang menjadi pusat lahirnya kebudayaan.
d. Nafs; dalam pengertian diri atau keakuan, yaitu kesadaran tentan diri sendiri.

2. Manusia sebagai satu kepribadian yang mengandung 3 unsur yaitu :
a. Id.
Yang merupakan struktur kepribadian yang paling primitive dan paling tidak nampak. Id merupakan libido murni, atau energi psikis yang menunjukkan cirri alami yang irrasional dan terkait masalah sex, yang secara instingtual menentukan proses-proses ketidaksadaran. Id tidak berhubungan dengan lingkungan luar diri, tetapi terkait dengan struktur lain kepribadian yang pada gilirannya menjadi mediator antara insting Id dengan dunia luar.
b. Ego.
Merupakan bagian atau struktur kepribadian yang pertama kali dibedakan dari Id, seringkali disebut sebagai kepribadian “eksekutif” karena peranannya dalam menghubgunkan energi Id ke dalam saluran osial yang dapat dimengerti oleh orang lain.
c. Superego.
Merupakan struktur kepribadian yang paling akhir, muncul kira-kira pada usia limat tahun. Dibandingkan dengan Id dan ego, yang berkembang secara internal dalam diri individu, superego terbentuk dari lingkungan eksternal. Jadi superego menunjukkan pola aturan yang dalam derajat tertentu menghasilkan control diri melalui sistem imbalan dan hukuman yang terinternalisasi.

Dari uraian diatas dapat mengkaji aspek tindakan manusia dengan analisa hubungan antara tindakan dan unsure-unsur manusia. Seringkali misalnya orang senang terhadap penyimpangan terhadap nilai-nilai masyarakat dapat diidentifikasi bahwa orang tersebut lebih dikendalikan oleh Id dibandingkan super-egonya. Atau seringkali aa kelainan yang terjadi pada manusia, misalnya orang yang berparas buruk dan bertubuh pendek berani tampil ke muka umum, dpat diterangkan dengan mengacu pada unsur nafs (kesadaran diri ) yang dimilikinya. Kesemuanya tersebut dapat digunakan sebagai alat analisa bagi tingkah laku manusia.

Hakekat Manusia :
1. Mahluk ciptaan Tuhan yagn terdiri dari tubuh dan jiwa sebagai satu kesatuan yang utuh 2. Mahluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna, jika dibandingkan denan mahluk lainnya 3. mahluk biokultural yaitu mahluk hayati yagn budayawi
4. Mahluk Ciptaan Tuhan yagn terkait dengan lingkungan, mempunyai kualitas dan martabat karena kemampuan bekerja dan berkarya

Pengertian Kebudayaan
Kebudayaan selalu dimiliki oleh setiap masyarakat, hanya saja ada suatu masyarakat yang lebih baik perkembangan kebudayaannya dari pada masyarakat lainnya untuk memenuhi segala kebutuhan masyarakatnya. Pengertian kebudayaan banyak sekali dikemukakan oleh para ahli. Salah satunya dikemukakan oleh Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi, yang merumuskan bahwa kebudayaan adalah semua hasil dari karya, rasa dan cipta masyarakat. Karya masyarakat menghasilkan teknologi dan kebudayaan kebendaan, yang diperlukan manusia untuk menguasa alam sekitarnya, agar kekuatan serta hasilnya dapat diabdikan untuk kepntingan masyarakat.

Rasa yang meliputi jiwa manusia mewujudkan sega norma dan nilai masyarakat yang perlu untuk mengatur masalah-masalah kemasarakatan alam arti luas., didalamnya termasuk, agama, ideology, kebatinan, kenesenian dan semua unusr yang merupakan hasil ekspresi dari jiwa manusia. Yang hidup sebagai anggota masyarakat. Selanjtunya cipta merupakan kemampuan mental, kemampuan piker dari orang yang hidup bermasyarakat dan yang antara lain menghasilkan filsafat serta ilmu pengetahuan. Rasa dan cipta dinamakan kebudayaan rohaniah. Semua karya, rasa dan cipta dikuasai oleh karsa dari orang-orang yang menentukan kegunaannya, agar sesuai dengan kepentingan sebagian besar, bahkan seluruh masyarakat. Dari pengetian tersebut menunjukkan bahwa kebudayaan itu merupakan keseluruhan ari pengetahuan manusia sebagai mahluk sosial, yang digunakan untuk menginterpretasikan dan memahami lingkungan yang dihadapi, untuk memenuhi segala kebutuhannya serta mendorong terwujudnya kelakuan manusia itu sendiri.Atas dadar itulah para ahli mengemukakan adanya unsure kebudayaan yang umumnya diperinci menjadi 7 unsur yaitu :
1. unsur religi
2. sistem kemasyarakatan
3. sistem peralatan
4. sistem mata pencaharian hidup
5. sistem bahasa
6. sistem pengetahuan
7. seni

Bertitik tilah dari sistem inilah maka kebudayaan paling sedikit memiliki 3 wujud antara lain :
1. wujud sebagai suatu kompleks dari ide, gagasan, norma, peraturan dan sejenisnya. Ini merupakan wujud ideal kebudayaan. Sifatnya abstrak, lokasinya aa dalam pikiran masyarakat dimana kebudayaan itu hidup
2. kebudayaan sebagai suatu kompleks aktivitas kelakuan berpola dari manusia dalam masyarakat
3. kebudayaan sebagai benda hasil karya manusia.

Perubahan kebudayaan pada dasarnya tidak lain dari para perubahan manusia yang hidup dalam masyarakat yang menjadi wadah kebudayaan itu. Perubahan itu terjadi karena manusia mengadakan hubungan dengan manusia lainnya, atau karena hubungan antara kelompok manusia dalam masyarakat. Tidak ada kebudayaan yanga statis, setiap perubahan kebudayaan mempunyai dinamika, mengalami perubahan; perubahan itu akibat dari perubahan masyarakat yang menjadi wadah kebudayaan tersebut.

Malas
Manusia mempunyai sifat yang membuat mereka lebih rendah dari malaikat, dan sifat inilah yang menyebabkan manusia melakukukan banyak kemajuan teknologi. Sifat ini adalah MALAS. Sifat malas tersebut, membuat setiap orang ingin melakukan hal yang serba instan, serba cepat, tidak mengeluarkan tenaga. Maka dari itu sifat malas tersebut yang menyebabkan kemajuan teknologi. Sebagai contoh pada alat pemasak nasi.

Zaman dulu orang memasak nasi menggunakan kayu bakar, kayu bakar tersebut dicari di dalam hutan. Karena sifat malas timbul di benak manusia. maka ingin menemukan sesuatu yang lebih mudah dan tidak perlu pergi ke hutan, maka manusia menciptakan kompor dengan bahan bakar minyak tanah. Lama kelamaan dengan minyak tanah, manusia masih tetap malas karena masih harus mengganti sumbu kompor yang lama-kelamaan akan habis terbakar dan menambah miyak yang lama kelamaan akan habis, sifat malas itu timbul kembali. Kemudian manusia ingin menciptakan sesuatu lagi yang tidak untuk mengganti sumbu dan menambah minyak. Maka manusia menciptakan kompor gas, dengan kompor gas kalau gas habis maka ia harus membeli gas. Lama kelamaan timbul rasa malas. Maka manusia menciptakan hal baru yang tidak usah
repot-repot mengganti gas. Maka manusia membuat alat pemasak nasi dengan berdaya listrik. Rasa malas inilah yang mendorong manusia untuk menciptakan hal-hal baru yang dapat membantu dalam melaksanakan hidup manusia. Rasa malas tersebut pernah digambarkan dalam film keluaran Waltdisney yang berjudul Wall-E. Film ini terdapat bagian yang menggambarkan seorang manusia yang tadinya berbadan tegap atau orang bilang disebut sixpack menjadi seperti bola gendut yang siap meledak kapan pun. Karena kemajuan teknologi inilah maka, manusia tersebut hanya tiduran didalam ranjang sekaligus tempat duduk yang dapat berjalan kemanapun manusia tersebut inginkan. Jadi mereka tidak perlu berjalan repot-repot berjalan kaki. Bila ingin makan dia hanya memanggil sebuah robot yang berjalan mengantarkan makanan tidak perlu membuat makanan tesebut.

Rasa malas itu biasa dikaitkan dengan rasa LAPAR. Mengapa? Disebabkan karena lapar manusia tidak ingin melakukan sesuatu. Yang dikerjakan haya bermalas-malasan. Dan bila rasa lapar tersebut teratasi atau yang disebut kenyang, rasa malas tersebut datang kembali karena kenyang yang ingin dikerjakan hanya besantai atau tidur. Maka masalah Lapar merupakan salah satu faktor yang menyebabkan ras malas muncul baik lapar itu teratasi ataupun belum.

Manusia dan Tanggung jawab
Manusia dan Tanggung jawab pada IBD sangat bertolak belakang dengan yang terjadi pada film Wall-E dimana para manusia tidak bertanggung jawab atas dirinya sendiri dan perbuatan mereka sendiri. Mereka lebih mementingkan sifat Malas mereka dan membuat para robot yang telah mereka rancang untuk melakukan tugas mereka sendiri, salah satunya membersihkan sampah yang telah menumpuk. Seharusnya mereka berfikir bagaimana cara mengolah sampah sehingga menjadi sesuatu yang berguna, seperti memilah sampah mana saja yang bisa didaur ulang kemudian mendaur ulang sampah tersebut menjai sesuatu yang berguna. Tanggung jawab adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. Sehingga bertanggungjawab adalah kewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya, atau memberikan jawaban dan menanggung akibatnya. Tanggungjawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Tanggungjawab juga juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya. Seseorang mau bertanggungjawab karena ada kesadaran atau keinsafan atau pengertian atas segala perbuatan dan akibatnya dan atas kepentingan pihak lain. Timbulnya tanggungjawab itu karena manusia itu hidup bermasyarakat dan hidup dalam lingkungan alam. Tanggungjawab itu bersifat kodrati, artinya sudah menjadi bagian kehidupan manusia, bahwa setiap manusia pasti dibebani dengan tanggungjawab.

Apabila ia tidak mau bertanggungjawab, maka akan ada pihal lain yang memaksa tanggungjawab itu. Dengan demikian tanggungjawab itu dapat dilihat dari dua sisi, yaitu dari sisi pihak yang berbuat dan dari sisi kepentingan pihak lain. Dari sisi pembuat ia harus menyadari akibat perbuatannya itu, dengan demikian ia sendiri pula yang harus memulihkan ke dalam keadaan baik. Daari sisi pihak lain, apabila si pembuat tidak mau bertanggungjawab, pihak lain yang akan memulihkan baik dengan cara individual maupun dengan cara masyarakat. Apabila dikaji, tanggungjawab itu adalah kewajiban atau beban yang harus dipikul atau dipenuhi sebagai akibat dari pebuatan pihak yang berbuat, atau sebagai akibat dari perbuatan pihak lain, atau sebagai pengabdian pada pihak lain. Kewajiban atau beban itu ditujukan untuk kebaikan pihak yang berbuat sendiri atau pihak lain dengan keseimbangan, keserasian keselarasan antara sesama manusia, antara manusia dan lingkungan, antara manusia dan Tuhan selalu dipelihara dengan baik. Tanggungjawab itu cirri manusia beradab (berbudaya).

Manusia merasa bertanggungjawab karena ia menyadari akibat baik atau buruk perbuatannya itu, dan menyadari pula bahwa pihak lain memerlukan pengabdian atau pengorbanannya. Untuk memperoleh atau meningkatkan kesadaan bertanggungjawab perlu ditempuh usaha melalui pendidikan, penyuluhan, keteladanan, dan takwa terhadap Tuhan.
Macam-macam Tanggungjawab :
1. Tanggungjawab terhadap diri sendiri
2. Tanggungjawab terhadap Keluarga
3. Tanggungjawab terhadap masyarakat
4. Tanggungjawab terhadap bangsa / Negara
5. Tanggungjawab terhadap Tuhan


Sumber :
1. ugomagician.blogspot.com
2. suryarizaputra.wordpress.com
3. pleasedontmasuk.blogspot.com

No comments:

Post a Comment