Judul ini masih melanjutkan dari pembahasan minggu lalu Lower Than The Angels dalam buku The Ascent of Man karangan Jacob Bronowski. Pada bab ini Bronowski menceritakan tentang perubahan dari nomaden ke gaya hidup pertanian.hal ini di sebabkan karena mereka telah sesuai dan sumber daya alam yang melimpah untuk mereka hidup di bandingkan dengan hidup nomaden yang selalu berpindah-pindah dan dapat membahayakan hidup mereka sendiri.contoh suku yang telah ber tani dan mengembangkan pertainannya yaitu suku Bakhtiari di Iran dan sebuah permainan kuno kuda di Afghanistan. Budidaya gandum, yang menyebabkan domestikasi hewan, yang diamati secara rinci. Hal ini juga menyebabkan pembuatan-pembuatan alat yang berfungsi untuk mempermudah pekarjaan manusia, namun hal ini juga dapat berbahaya jika perkembangan teknologi terlalu pesat perkembangannya dan dapat menghancurkan kelangsungan hidup manusia.
Migrasi pada zaman dahulu dilakukan manusia karena manusia dulu belum mengenal namanya bercocok tanam dan masih mencari makan dengan berburu. Makanya manusia zaman dahulu berpindah-pindah untuk mencari tempat yang berpotensi banyak buruan untuk kebutuhan sehari-harinya. Saat mereka telah berkembang atau mulai dapat bercocok tanam. Mereka mulai bertempat tinggal tetap atau tidak berpindah-pindah lagi. Awal mereka bermukim adalah pada masa Prasejarah mereka sudah mulai menetap disuatu tempat, meramu dan menggunakan alat-alat pertanian ataupun rumah tangga yang sudah agak modern. Cara berkomunasi mereka sudah agak modern dari tahun-tahun sebelumnya. Mereka membuat pemukiman yang terdiri dari beberapa kelompok kepala keluarga.
Langkah terbesar dalam pendakian manusia adalah perubahan dari cara hidup nomaden ke desa pertanian, yang dimungkinkan oleh serangkaian peristiwa alam dan manusia. Settled agriculture creates a technology from which all sciences take off. Pertanian menetap menciptakan teknologi dari mana semua ilmu lepas landas. Mereka mulai migrasi diakibatkan oleh suatu hal yang mendasar yaitu akibat bahan makanan mulai menipis serta juga cuaca yang ekstrim. Mereka bermigrasi ketemapat yang mereka belum tempati dan untuk melihat dunia yang baru. Pada asaat ini mereka sudah menggunakan alat tombak yang ujungnya terbuat dari tulang hewan ataupun dari batu untuk berjaga diri sendiri maupun kelompok mereka.
Awal mereka bermukim adalah pada masa Prasejarah mereka sudah mulai menetap disuatu tempat, meramu dan menggunakan alat-alat pertanian ataupun rumah tangga yang sudah agak modern. Misalkan alat- alat yang terbuat dari gerabah. Cara berkomunasi mereka sudah agak modern dari tahun-tahun sebelumnya. Mereka membuat pemukiman yang terdiri dari beberapa kelompok kepala keluarga.
Peradaban manusia menjadi hal penting yan harus ditinjau ulang dan dijadilkan sejarah yang bisa dipelajari. Semua itu adalah usaha membawa peradaban manusia selanjutnya menjadi lebih baik dan belajar pada masa lalu. Peradaban manusia membuat manusia bertahan hidup demi kelangsungan hidupnya. Demi memenuhi kebutuhan hidup manusia harus berusaha untuk mencari makan. Diantaranya dengan bertani, melaut, , berternak dan bercocok tanam. Semua itu dilakukan demi menyambung hidup. Peradaban manusia yang menetap itu juga menyebabkan kebudayaan di antara manusa semakin berkembang pesat. Semakin peradaban manusia berkembang pesat, semakin mereka mengetahui keuntungan dalam menyambung hidup itu memerlukan wilayah, dan sumber daya alam yang cukup. Lalu manusia itu berpencar untuk mencari daerah kekuasaan masing-masing. Semakin banyak manusia dimuka bumi ini, maka semakin sempit daerah yang dimiliki setiap individu ataupun kelompok.
Dari masalah itu timbulah pikiran untuk saling menguasai kekuasaan, ketamakan,dan ketidakpuasaan dengan apa yang ada. Kekuasaan yang dimiliki tentu saja terdiri dari aset yang bernilai harganya. Diantara dibangun kota. Kota-kota itulah yang pada akhirnya menandakan pembatas dari kekuasaan masing-masing. Sebab akibat dari adanya pembatas itulah yang menimbulkan peperangan untuk saling menguasai tadi. Dan diperkenalkanlah istilah peperangan dalam peradaban manusia yang membawa dampak buruk bagi kehidupan mereka sendiri. Dampak yang ditimbulkan oleh peperangan itu sendiri membawa dampak yang sangat luas biasa.
Perang pada saat Prasejarah diakibatkan karena ingin menguasai daerah tertentu. sikap imperialis sudah di tunjukkan pada zaman mereka dan sikap serakah manusia yang imperialis ini merupakan keturunan dari bangsa mereka sebelumnya. Langkah terbesar dalam pendakian manusia adalah perubahan dari cara hidup nomaden ke desa pertanian, yang dimungkinkan oleh serangkaian peristiwa alam dan manusia. “Settled agriculture creates a technology from which all sciences take off”. Yaitu, pertanian menetap menciptakan teknologi dari mana semua ilmu lepas landas.
Riwayat dari orang dibagi sangat dengan bervariasi. Pertama di situ adalah evolusi biologinya: semua tahapan terpisah itu kita dari nenek moyang siamang kita. Itu terbeset beberapa jutaan tahun. Kemudian di situ adalah riwayat budayanya: gelombang setelah badai panjang dari peradaban terpisah itu kita dari minoritas terus hidup suku perburuan dari Afrika, atau dari makanan gatherers dari Australia. Dan semua detik itu, celah budaya kenyataannya berkerumun ke dalam beberapa ribu tahun. Ini pulang hanyalah tentang duabelas ribu tahun – sesuatu berlalu sepuluh ribu tahun, tapi banyak kurang dari duapuluh ribu. Mulai sekarang aku harus hanya menjadi membicarakan tentang terakhir itu duabelas ribu tahun yang mengandung hampir keseluruhan pendakian dari orang saat kita berpikir dari dia sekarang. Namun perbedaan di antara kedua-duanya angka, yang, di antara skala waktu biologi dan budaya, adalah sangat hebat bahwa aku tidak dapat meninggalkan ini tanpa satu kerling mundur.
Ini ambil paling sedikit dua juta tahun untuk orang ubah dari gelap kecil ciptaan dengan batu pada tangannya, Australopithecus di Afrika Pusat, ke bentuk modern, Sapiens homoseksual. Yang langkah dari evolusi biologi – sungguhpun evolusi biologi dari orang telah lebih cepat dibandingkan yang lain binatang. Tapi yang ini telah mengambil banyak kurang dari duapuluh ribu tahun untuk Homoseksual Sapiens untuk menjadi ciptaan yang kamu dan aku bercita-cita: artis dan ahli sains, ahli bangunan kota dan perencana untuk masa depan, pembaca dan pelancong, penjelajah ingin dari fakta alami dan emosi manusia, sekali lebih kaya di pengalaman dan bolder di imajinasi dibandingkan apapun nenek moyang kita. Yang langkah dengan evolusi budaya; satu kali ini buka, pergi ini sebagai rasio dari itu dua pergi angka, paling tidak seratus kali evolusi lebih cepat dibandingkan biologi.
Satu kali ini buka: yang frasa rumit. Kenapa perubahan budaya yang mempunyai membuat orang sarjana dalam ilmu bumi memulai sangat baru-baru ini? Duapuluh ribu tahun berselang anak-buahi di semua bagian dari dunia yang dia telah menjangkau adalah satu forager dan satu pemburu, siapa paling ilmu pengetahuan tentang teknik lanjutan adalah untuk menyertakan sendiri ke satu gembala berpindah sebagai Lapps masih lakukan. Oleh tahun ribu sepuluh berselang yang mempunyai berubah, dan yang dia telah mulai di beberapa tempat untuk membiasakan beberapa binatang dan untuk menanami beberapa pabrik; dan yang adalah perubahan dari peradaban yang mana buka. Ini luar biasa untuk memikirkan bahwa hanya pada terakhir duabelas ribu tahun yang punya peradaban, saat kita memahami ini, dibuka. Di sana harus adalah satu eksplosi luar-biasa. Ini adalah akhir dari Zaman Es terakhir.
Kita dapat menangkap tampilan dan, sebagaimana, smel dari perubahan pada beberapa pemandangan hal sungai es. Bersemi di permainan ulang Islandia sendiri setiap tahun, tapi ini satu kali dimainkan sendiri berlalu Eropa dan Asia ketika es yang mundur. Dan anak-buahi, siapa mempunyai datang lewat kapal keras yang tidak masuk akal, telah kembara atas dari Afrika berlalu juta tahun terakhir, telah perangi melalui Zaman Es, tiba-tiba mendirikan berbunga halus dan sekitar yang hewan dia, dan menggerakkan ke dalam satu berbeda semacam hidup.
Ini biasanya dipanggil ’ revolusi pertanian ’. Tapi aku berpikir dari ini seperti sesuatu banyak lebih luas, revolusi biologi. Di sana dijalin di dalamnya cocok tanam dari pabrik dan penjinakan dari binatang pada satu semacam lompatan katak. Dan di bawah sini operasikan perbuatan nyata rumit orang itu mendominasi lingkungannya di dalamnya paling penting aspek, tidak secara fisik kecuali pada taraf dari makhluk hidup palnts dan binatang. Dengan yang di situ datangi satu dengan sama revolusi sosial powerfull. Karena sekarang ini menjadi mungkin lebih dari tersebut, ini jadi diperlukan – untuk menganak-buahi atasi. Dan ciptaannya yang telah menjelajahi dan berbaris untuk satu juta tahun yang harus membuat keputusan rumit: apakah akan dia gencat satu nomad dan menjadi satu orang desa. Kita punya satu rekaman anthoropological dari berjuang dari hati nurani dari seseorang yang membuat keputusan ini: rekaman adalah Kitab Injil, Buku Perjanjian Lama. Aku meyakini peradaban itu bersandarkan keputusan itu. Seperti untuk orang-orang siapa jangan terbuatnya, ada sedikit orang yang selamat. Terdapat beberapa nomad suku yang masih membicarakan secara tuntas ini luas transhumance bepergian dari sesuatu menyerempet asas ke lain: Bakhtiari di Ajam, antara lain. Dan kamu yang punya sebenarnya untuk dilaksanakan perjalanan dengan mereka dan kehidupan dengan mereka untuk memahami peradaban itu tidak pernah dapat tumbuh senantiasa bergerak.
Segalanya di hidup nomad adalah tanpa tanda peringatan. Bakhtiari Yang selalu telah berjalan-jalan sendirian, sangat tak terlihat. sukai nomad lain, mereka berpikir dari diri mereka sendiri seperti sekeluarga, anak lelaki dari pendiri tunggal. (pada cara yang sama bangsa yahudi dipergunakan untuk panggil themselve anak-anak dari israel atau Jacob). bakhtiari mengambil
nama mereka dari satu gembala legendary dari waktu Mongol, Bakhyar. legenda dari asal mereka sendiri yang mereka katakan dari dia berawal.
Dan ayah dari orang bukit orang-orang kita, Bakhtyar, keluar dari kecepatan dari southren gunung di era zaman purba. bijinya adalah sebanyak goyang pada gunung, dan orang-orangnya makmurkan.
Gema tentang kitab injil membunyikan berulang-ulang sebagai cerita lanjutkan. kepala keluarga Jacob Yang punya dua isteri, dan telah kerjakan sebagai satu gembala untuk tujuh tahun untuk masing-masing sebesar mereka. bandingkan kepala keluarga dari Bakhtiari:
Yang pertama istri dari Bakhtyar Yang punya tujuh anak lelaki, ayah dari tujuh baris saudara dari orang-orang kita. istri detiknya punya empat anak lelaki. dan anak lelaki kita harus mengira isteri anak perempuan dari ayah mereka tendanya saudara, kalau-kalau berkumpul dan tenda menjadi dispersi.Seperti dengan anak-anak dari Israel, berkumpul adalah terpenting; mereka bukan terbongkar dari urus dari tukang cerita (atau dewan penasehat perkawinan) untuk beberapa saat.
Sebelum 10000 nomad BC orang-orang dipergunakan untuk ikuti migrasi alami dari gembala liar. tapi biri-biri dan kambing tidak punya migrasi alami. mereka yang pertama tentang ribu sepuluh terbiasa tahun berselang hanyalah anjing adalah satu pengikut berkemah alder dibandingkan tersebut. dan ketika menganak-buahi mereka terbiasa, dia tanggung tanggungjawab dari sifat alami; nomad harus memimpin gembala tanpa pengharapan.
Peran dari wanita di suku nomad di narowlly mendefinisikan. di atas semua, fungsi dari perempuan adalah untuk menghasilkan anak-anak orang-orang; terlalu banyak anak-anak dia adalah satu kemalangan langsung, karena pada akhirnya mereka mengancam bencana. terpisah dari tersebut, bea mereka tiduran mempersiapkan makanan dan pakaian. antara lain, perempuan antara Bakhtiari membakar roti pada etika tentang kitab injil, pada kue tidak beragi pada batu panes. tapi para wanita dan masa penantian perempuan untuk memakan hingga yang orang-orang telah makan. orang-orang seperti, lives dari pusat perempuan pada berkumpul. mereka memperah susu gembala, dan mereka membuat satu yoghurt bergumpal dari susu dengan mengocok ini pada satu kantong kulit kambing pada satu bingkai kaku primitif. mereka punya hanyalah teknologi sederhana taht dapat ditangani harian mengadakan perjalanan dari
menempatkan tempatkan. kesederhanaan tidak romantis; ini adalah satu hal survival. everthing harus tersinari cukup dibawa, untuk dibuat tiap sore dan dikemasi jauh lagi tiap pagi. ketika wol spin perempuan dengan sederhana mereka, alat masa lampau, ini adalah untuk penggunaan langsung, untuk membuat reparasi yang penting pada perjalanan tidak ada lagi.
Tidaklah mungkin pada hidup nomad untuk membuat hal-hal yang tidak akan diperlukan untuk beberapa minggu. mereka tidak dapat dibawa. dan sesungguhnya Bakhtiari tidak mengetahui bagaimana caranya membuat mereka. kalau mereka memerlukan teko logam, mereka mengukarkan mereka dari orang-orang teratasi atau dari satu kasta pekerja gipsi siapa specialise pada logam. satu kuku, satu pijakan kaki, satu anak-anakan, atau satu belnya anak adalah apapun yang ditukar dari luar suku. hidup bakhtiari adalah juga sempit untuk mempunyai waktu atau keterampilan untuk specialisation. ada tidak ada kamar untuk inovasi, karena di situ dan pergi semua hidup mereka, untuk mengembangkan satu alat baru atau satu baru thougth tidak bahkan suatu nada baru. satu-satunya adat kebiasaan yang terus hidup adalah adat kebiasaan yang tua. satu-satunya ambisi dari anak lelaki adalah untuk seperti ayah.
Ini adalah hidup tanpa fitur. tiap malam adalah akhir dari satu hari seperti terakhir, dan tiap pagi akan begining dari satu perjalanan seperti hari sebelum. ketika pecah hari, ada satu pertanyaan di semua orang urus: dapat berkumpul menjadi peroleh dalam yang akan datang kelulusan tinggi? Satu hari pada perjalanan, kelulusan paling tinggi dari semua harus diseberangi. ini adalah Zadeku kartu tanda lewat, duabelas ribu foot tinggi pada Zagros, yang berkumpul harus bagaimanapun juga menggelut melalui atau susup di dalamnya jangkauan bagian atas. untuk suku harus maju, gembala harus menemukan gembala lagi tiap hari, karena di pengembalaan kemuliaan ini dilelahkan di hari tunggal.
Setiap tahun Bakhtiari menyeberangi enam jangkauan pegunungan pada perjalanan keluar (dan seberangi mereka lagi untuk kembali). mereka berbaris melalui salju dan banjir bersemi siram. dan di hanyalah sesuatu menghormati mempunyai hidup mereka memajukan berada di luar ribu sepuluh tersebut tahun berselang. nomad dari saat itu yang harus melaksanakan perjalanan berjalan kaki dan membawa pak mereka sendiri. Bakhtiari Yang punya kuda binatang beban, keledai, keledai yang mempunyai hanyalah telah dibiasakan sejak saat itu. tidak ada yang lain pada hidup mereka adalah baru. dan tidak ada apapun adalah mengesankan. Nomad tidak punya tanda peringatan, bahkan ke mati (Yang Bakhtyar, yang Jacob terpendam?)
Satu-satunya gundukan tanah yang bangun mereka adalah untuk menandai jalannya di tempat demikian sebagai Kelulusan dari perempuan, curang tapi lebih mudah untuk hewan dibandingkan kelulusan tinggi.
Migrasi bersemi dari Bakhtiari adalah satu pengembaraan gagah berani; dan namun Bakhtiari adalah tidak begitu banyak gagah berani sebagai orang yang tabah. mereka diundurkan diri karena tidak dimanapun juga pimpinan pengembaraan. gembala musim panas themselve hanya akan menjadi satu stop anak-anak tidak sama dengan palce dari Israel, untuk mereka di situ adalah tidak ada darat dijanjikan. kepala dari yang keluarga telah mengerjakan tujuh tahun, seperti Jacob lakukan, untuk membangun satu berkumpul dari lima puluh biri-biri dan kambing. dia mengharapkan untuk kehilangan sepuluh mereka pada imigration kalau hal-hal pergi baik. kalau mereka pergi dengan sangat buruk, dia mungkin kehilangan duapuluh di luar pagar dari itu lima puluh. itu adalah aneh dari hidup nomad, tahun di dan tahun keluar. dan berada di luar tersebut, pada akhir dari perjalanan, di sana akan masih menjadi kecuali tidak ada apapun satu tak terukur, pelepasan jabatan tradisional.
Siapa mengetahui, di tiap orang tahun, apakah yang tua ketika yang mereka telah menyeberangi kartu tanda lewat akan mampu untuk rupa final uji: penyeberangan dari Sungai Bazuft? tiga bulan air pelelehan telah membengkak sungai. tribesmen, perempuan, binatang beban dan berkumpul adalah semua lelah. ini akan mengambil satu hari untuk menghajar berkumpul ke seberang tiver. tapi ini, di sini, sekarang adalah hari test. hari ini adalah hari pada yang mana muda menjadi orang-orang, karena survival dari gembala dan keluarga bergantung kepada kekuatan mereka. menyeberangi Sungai Bazuft seperti penyeberangan Jordan; ini adalah baptis ke kedewasaan. untuk anak muda, hidup untuk beberapa saat nampak hidup sekarang. dan untuk yang tua untuk yang tua, ini meninggal.
Apa yang terjadi untuk yang tua ketika. mereka tidak dapat menyeberangi sungai terakhir? tidak ada apapun. Mereka tinggalkan memeninggal. hanyalah anjing dibingungkan untuk melihat satu orang satu bandoned. orang menerima adat nomad; dia telah datang ke akhir dari perjalanannya, dan di situ adalah tidak ada menempatkan pada bagian akhir.
Jericho adalah lebih tua dibandingkan pertanian. yang pertama orang-orang yang datang kemari dan diatasi oleh bersemi di ini jika tidak asas hancur adalah orang-orang yang memanen
gandum, tapi belum mengetahui bagaimana caranya mengebunkan ini. kita mengetahui ini karena mereka membuat alat untuk panen liar, dan yang adalah satu potongan luar-biasa dari bidik-depan. mereka membuat di luar pagar arit dari batu api yang mana telah terus hidup; Jhon Garstang mendirikan mereka ketika dia sedang menggali sini pada 1930. arit masa lampau tepi akan telah disetel di masing-masing horn rusa, atau tulangi.
Di sana tidak lagi terus hidup, berdasarkan pada hll atau tel dan ini miringkan, semacam gandum liar itu orang setempat paling awal panen. tapi lalang itu masih sini harus terlihat sangat seperti gandum yang mereka dirikan, bahwa mereka mengumpulkan untuk pertama kali oleh segenggam, dan potong dengan yang sawing bergerak pada arit pengetam itu telah pergunakan bagi seluruh tahun ribu sepuluh sejak itu. yang Natufian pra civilisation pertanian. dan, tentu, ini tidak dapat bertahan. ini berada di atas susur dari makin pertanian. dan yang adalah hal berikutnya yang terjadi pada Jericho Tel.
Titik putar ke awur dari pertanian pada Masa Lampau hampir bisa dipastikan kejadian dari dua bentuk gandum dengan satu besar, kepala penuh dari biji. sebelum 8000 gandum BC bukan pabrik berlebih ini adalah hari ini; ini sekadar satu dari banyak liar merumput taht mengawurkan sepanjang timur tengah. oleh beberapa kecelakaan genetik, gandum liar berselisih dengan satu rumput kambing alami dan dibentuk satu bastar biak. itu kecelakaan harus dimiliki terjadi kerap kali pada bersemi nabati yang tersembul setelah Zaman Es terakhir. dalam kaitan dengan permesinan genetik itu perkembangan langsung, ini berkombinasi empat belas kromosom dari gandum liar dengan empat belas chrmosomes dari rumput kambing, dan dihasilkan Emmer dengan duapuluh delapan kromosom. yang apa membuat Emmer sekian banyak plumper. bastar mampu untuk awur secara alami, karena ini membibiti terikat kasih sayang dengan kulit sedemikian yang mereka sebar pada angin.
Untuk bastar seperti itu biak adalah jarang tetapi bukan unik antara pabrik. tapi sekarang cerita dari hidup tanaman kaya yang katut Zaman Es menjadi lebih kejut. di sana adalah satu kecelakaan genetik detik, yang yang mungkin sudah tiba sekitar karena Emmer telah ditanami. Emmer berselisih dengan rumput kambing alami lain dan satu statis dihasilkan bastar lebih besar dengan empatpuluh dua kromosom, yaitu gandum roti. yang cukup tidak mungkin dengan sendirinya, dan kita mengetahui sekarang roti itu gandum tidak akan telah biak tapi untuk satu mutasi genetik spesifik pada kromosom sesuatu.
Namun di situ adalah apapun bahkan orang asing. sekarang kita yang punya satu telinga indah dari gandum, tapi sesuatu yang yang tidak akan pernah terangin-angin pada angin karena telinga adalah juga ketat untuk pisahkan. dan kalau aku mematahkan ini atas, kenapa, kemudian sekam terbang kabur dan tiap-tiap reruntuhan buah biji-bijian persis dimana ini tumbuh. biar aku mengingatkan kamu, itu sangat berbeda dari gandum liar atau dari yang pertama, bastar primitif, Emmer. di bentuk primitif itu telinga adalah jauh lebih buka, dan kalau telinga memisahkan maka kamu memperoleh benar-benar akibat berbeda kamu memperoleh buah biji-bijian yang yang akan terbang pada angin. gandum roti telah kehilangan bahwa kemampuan. tiba-tiba, orang dan pabrik sudah tiba bersama-sama. orang punya satu gandum yang dia lives oleh, tapi gandum juga memikirkan orang itu dibuat untuk dia sebab hanyalah sangat dapatnya menjadi sebarkan. untuk gandum roti dapat hanya memperbanyak dengan pertolongan; orang harus memanen telinga dan menyebar biji mereka; dan hidup dari masing-masing, orang dan pabrik, bergantung kepada yang lain. ini adalah satu dongeng peri benar dengan genetik, seperti kalau keturunan civilisation telah diberkahi sebelumnya oleh semangat dari Gregor Mendel kepala biarawan.
Satu kata penghubung bahagia dari peristiwa alami dan manusia menciptakan pertanian. pada Masa Lampau yang terjadi sekitar ribu sepuluh tahun berselang, dan ini terjadi pada Bulan Sabit biak dari timur tengah. tapi ini sungguh pasti terjadi lebih dari satu kali. pertanian certanly hampir ditemukan lagi dan dengan mandiri pada Dunia Baru atau seperti itu kita bersandar bukti kita sekarang punyai jagung itu orang dibutuhkan menyukai gandum. seperti untuk Timur Tengah dia, pertanian terangin-angin di sini dan di sana berlalu slop kemiringan berbukit-bukitnya, dari yang mana pendakian dari Laut Mati ke Judea, daerah pedalaman dari Jericho, ada di satu karakteristik terbaik potongan dan tidak ada lagi. pada satu rasa harafiah, pertanian mungkin untuk mempunyai beberapa awal pada Bulan Sabit Biak, beberapa di antara mereka sebelum Jericho.
Namun Jericho mempunyai beberapa fitur yang membuat ini menurut sejarah unik dan memberikan ini satu status simbolis darinya sendiri. tidak sama dengan desa terlupakan di tempat lain, ini adalah sangat besar, lebih tua dibandingkan Kitab Injil, lapisan pada saat lapisan dari riwayat, satu kota. gula-gula masa lampau menyiram kota dari Jericho adalah satu oase pada tepi dari sunyi siapa bersemi sedang mengoperasikan dari prasejarah times membenarkan ke dalam kota modern hari ini. di sini gandum dan air mendatangi bersama-sama dan, di rasa itu, di sini orang memulai civilisation. di sini, juga, badui yang mendatangi dengan gelap mereka redam menentang dari sunyi, melihat waspada pada hidup jalan baru. itulah kenapa Joshua membawakan bangsa dari israel suku sini pada cara mereka untuk tanah terjanji karena gandum dan air, mereka membuat civilisation; mereka membuat janji dari satu alir darat dengan susu dan madu. gandum dan air mengarahkan tandus itu kaki gunung ke dalam kota paling tua dari dunia.
Oleh 6000 BC Jericho adalah satu hari perhitungan pertanian besar. Kathleen Kenyon menaksir bahwa ini mengandung tiga ribu orang-orang, dan terliput delapan atau sepuluh akre pada perempuan walls.the giling gandum dengan batu berat menerapkan yang mengenali satu komunitas teratasi. bentuk orang-orang, ditepuk dan cetak lempung untuk bata bangunan, beberapa paling awal dikenal. tanda dari cap jempol pembuat bata masih di situ. orang, sukai gandum roti, kini tetap pada tempatnya. satu komunitas teratasi juga mempunyai satu hubungan berbeda ke mati. orang setempat dari Jericho memelihara beberapa tengkorak dan terliput mereka dengan memperinci dekorasi. tak seorangpun ketahui kenapa, kecuali jika ini adalah satu aksi disebabkan.
Tak seorangpun yang dibawakan berdasarkan pada Buku Perjanjian Lama, seperti aku, dapat meninggalkan Jericho tanpa minta dua pertanyaan; Lakukan Apakah akhirnya menghancurkan kota ini? dan lakukan tembok alangkah datangi terguling bawah? itu adalah pertanyaan yang membawakan orang-orang ke lokasi ini dan putaran ini ke dalam satu legenda hidup. untuk yang pertama pertanyaan, ada satu jawaban mudah: Ya. bangsa dari israel suku sedang memperangi untuk memperoleh ke dalam Bulan Sabit biak yang mana dioperasikan atas pantai Mediteranian, penggelunturan pegunungan dari Anatolia, dan putuskan ke arah Tigris dan Euphrates. dan sini di Jericho adalah kunci itu terkunci cara mereka atas pegunungan dari Judea dan terbongkar ke dalam daerah subur Mediterania. mereka ini harus taklukkan, dan mereka lakukan sekitar 1400 BC tentang tiga ribu tigaratus ke tiga ribu empat ratus tahun berselang. cerita Kitab Injil bukan dicatat hingga barangkali 700 BC; yang, rekening akan dua ribu enam ratus tahun usia sebagai satu rekaman tertulis.
Tapi lakukan tembok mendatangi terguling bawah? kita tidak mengetahui. ada tidak ada bukti arkeologis di sini lokasi itu saran itu seperangkat sesuatu tembok hari baik alangkah mencurah flat. tapi banyak setelan dari tembok mencurah, di waktu yang berbeda. terdapat sebuah Umur Perunggu periode sini dimana seperangkat tembok dibangun kembali paling tidak enam belas kali. karena ini adalah negara gempa. ada gemetaran sini masih tiap hari; ada empat berguncang utama di abad. itu hanyalah di tahun terakhir yang kita yang telah datang ke undestand kenapa gempa mengoperasikan sepanjang lembah ini. terletak laut merah dan Laut Mati sepanjang satu lestarian retak lembah besar dari Afrika Timur. di sini dua diantara lempeng angkut itu daratan saat mereka terapung pada baju hujan denser dari kendara bumi berdampingan. seperti mereka thurst yang lampau satu sama lain sepanjang retak ini, permukaan dari bumi echoes ke goncangan sumur itu atas dari di bawah. sebagai hasil, gempa selalu telah meletus sepanjang poros pada yang mana terletak Laut Mati. Dan pada pandanganku itulah kenapa Kitab Injil adalah penuh dengan ingatan dari keajaiban alami: beberapa banjir masa lampau, beberapa kering berlari dari Laut Merah, Jordan kering berlari, dan tembok dari Jericho menggagalkan.
Kitab injil adalah satu riwayat curiga, pisahkan cerita rakyat dan rekaman bagian. riwayat adalah, tentu, ditulis oleh pemenang, dan Israelis, ketika mereka meledakkan melalui sini, dijadi pembawa dari riwayat. kitab injil adalah cerita mereka: riwayat dari seseorang yang punya berhenti menjadi nomad dan kepastoran dan harus menjadi satu suku pertanian.
Bertani dan peternakan tampak pengejaran sederhana, tapi arit Natufian adalah satu sinyal untuk memperlihatkan kita bahwa mereka tidak diam tidak bergerak. tiap-tiap langkah pada penjinakan dari hidup pabrik dan binatang memerlukan penemuan, mulai yang sebagai alat teknis dan dari yang mengalir prinsip ilmiah. alat dasar dari nimblefingered memikirkan terletak sekitar, tidak mempengaruhi, di apapun desa dimanapun di dunia. persediaan melimpah mereka dari keahlian kekecilan dan akal dan tipu muslihat adalah sebagai banyak akal, dan pada satu rasa dalam seperti penting pada pendakian dari orang, seperti semua piranti dari fisika inti: goda, jarum penggerek, teko, anglo, sekop, kuku, dan sekrup, embusan, dawai, simpul, bayangi, pakaian kuda, cangkuk, tombol penekan, sesuatu sepatu dapat menyebutkan seratus dan tidak menghadang untuk nafas. kesempurnaan berasal dari saling mempengaruhi dari penemuan; satu budaya adalah satu pendarab ide, dimana masing-masing alat baru percepat dan perbesar kekuatan dari sisa.
Mengatasi pertanian menciptakan satu teknologi dari yang mana semua fisika, semua pengetahuan buka. ketika yang dapat melihat ini pada perubahan dari arit awal untuk mendiang. pada mulanya mengerling mereka melihat sangat banyak mirip: arit dari tahun ribu sepuluh berselang gatherer, dan arit dari sembilan ribu tahun berselang ketika gandum ditanami. tapi lihat lebih lekat. gandum ditanami adalah sawed dengan satu tepi bergigi tajam: karena kalau kamu memukul gandum, kemudian akan buah biji-bijian curah ke halus; tapi kalau kamu gergaji perlahannya, buah biji-bijian akan diselenggarakan pada telinga dari jagung. dan arit telah ditiru ini selalu sejak itu ke dalam waktu kanak-kanakku pada perang dunia pertama, ketika arit dibengkok dengan tepi bergigi tajam masih apa kamu memotong gandum dengan. satu teknologi seperti tersebut, pengetahuan fisik menyukai tersebut, datangi ke kami di luar pagar dari tiap-tiap bagian dari hidup pertanian sangat secara spontan yang kita merasakan seperti kalau ide menemukan orang, rada dibandingkan yang lain cara tentang.
Penemuan yang paling kuat pada semua pertanian adalah, tentu, bajak. kita berpikir dari bajak sebagai satu baji membagi tanah. dan baji adalah satu mekanis awal yang penting penemuan. tapi bajak juga apapun jauh lebih fundamental: ini adalah satu ungkit yang mengangkat tanah, dan ini adalah antara yang pertama aplikasi dari prinsip dari ungkit. ketika, merindukan setelah itu, Archimedes menjelaskan teori dari ungkit ke Yunani, dia mengatakan itu dengan satu fulkrum untuk ungkit dia dapat menggerakkan bumi. tapi ribuan tahun sebelum itu ploughmen dari timur tengah sedang mengatakan ' Memberikan aku satu ungkit dan aku akan memberi makan bumi '.
Aku punya ulang bertanda bahwa pertanian ditemukan paling tidak sekali lagi, banyak kemudian, di Amerika. tapi bajak dan roda bukan, karena mereka bergantung kepada campuran animal.the melangkah berada di luar sederhana pertanian di timur tengah adalah penjinakan dari binatang campuran. kegagalan untuk membuat biologi itu gerakan mempertahankan belakang Dunia Baru pada taraf dari pentung gali dan pak; ini bahkan tidak tanpa diduga rodanya pembuat barang tembikar.
Roda ditemukan untuk pertama kali sebelum 3000 BC di apa kini penemuan selatan awal Russia.these adalah roda kaku yang kekar menyertakan ke satu getek lebih tua atau pengeretan untuk isi gambar, yang di situ oleh adalah convertedinto satu cart.from kemudian pada dan poros sumbu roda menjadi akar ganda dari penemuan yang mana tumbuh. antara lain, ini diarahkan ke dalam satu instrumen untuk gandum gerinda dan mempergunakan kekuatan dari sifat alami untuk lakukan tersebut; kekuatan hewan pertama, dan kemudian kekuatan dari angin dan air. roda menjadi satu model bagi seluruh gerak dari gantian, satu norma keterangan dan satu lambang surgawi dari lebih dari manusia daya di pengetahuan dan di seni matahari alike.the adalah satu kereta perang roda, dan langit sendiri adalah satu roda, bentuk waktu yang babilonia dan dipetakan Yang Yunani pemutaran dari atsir penuh bintang. di alami pengetahuan modern gerak (yang, gerak tak terganggu) masuk satu garis lurus; tapi untuk pengetahuan Yunani, bentuk dari mation bahwa tampak alami (yang, yang tidak bisa dipisahkan di sifat alami) dan sesungguhnya sempurna bergerak tanpa kemajuan.
Migrasi pada zaman dahulu dilakukan manusia karena manusia dulu belum mengenal namanya bercocok tanam dan masih mencari makan dengan berburu. Makanya manusia zaman dahulu berpindah-pindah untuk mencari tempat yang berpotensi banyak buruan untuk kebutuhan sehari-harinya. Saat mereka telah berkembang atau mulai dapat bercocok tanam. Mereka mulai bertempat tinggal tetap atau tidak berpindah-pindah lagi. Awal mereka bermukim adalah pada masa Prasejarah mereka sudah mulai menetap disuatu tempat, meramu dan menggunakan alat-alat pertanian ataupun rumah tangga yang sudah agak modern. Cara berkomunasi mereka sudah agak modern dari tahun-tahun sebelumnya. Mereka membuat pemukiman yang terdiri dari beberapa kelompok kepala keluarga.
Langkah terbesar dalam pendakian manusia adalah perubahan dari cara hidup nomaden ke desa pertanian, yang dimungkinkan oleh serangkaian peristiwa alam dan manusia. Settled agriculture creates a technology from which all sciences take off. Pertanian menetap menciptakan teknologi dari mana semua ilmu lepas landas. Mereka mulai migrasi diakibatkan oleh suatu hal yang mendasar yaitu akibat bahan makanan mulai menipis serta juga cuaca yang ekstrim. Mereka bermigrasi ketemapat yang mereka belum tempati dan untuk melihat dunia yang baru. Pada asaat ini mereka sudah menggunakan alat tombak yang ujungnya terbuat dari tulang hewan ataupun dari batu untuk berjaga diri sendiri maupun kelompok mereka.
Awal mereka bermukim adalah pada masa Prasejarah mereka sudah mulai menetap disuatu tempat, meramu dan menggunakan alat-alat pertanian ataupun rumah tangga yang sudah agak modern. Misalkan alat- alat yang terbuat dari gerabah. Cara berkomunasi mereka sudah agak modern dari tahun-tahun sebelumnya. Mereka membuat pemukiman yang terdiri dari beberapa kelompok kepala keluarga.
Peradaban manusia menjadi hal penting yan harus ditinjau ulang dan dijadilkan sejarah yang bisa dipelajari. Semua itu adalah usaha membawa peradaban manusia selanjutnya menjadi lebih baik dan belajar pada masa lalu. Peradaban manusia membuat manusia bertahan hidup demi kelangsungan hidupnya. Demi memenuhi kebutuhan hidup manusia harus berusaha untuk mencari makan. Diantaranya dengan bertani, melaut, , berternak dan bercocok tanam. Semua itu dilakukan demi menyambung hidup. Peradaban manusia yang menetap itu juga menyebabkan kebudayaan di antara manusa semakin berkembang pesat. Semakin peradaban manusia berkembang pesat, semakin mereka mengetahui keuntungan dalam menyambung hidup itu memerlukan wilayah, dan sumber daya alam yang cukup. Lalu manusia itu berpencar untuk mencari daerah kekuasaan masing-masing. Semakin banyak manusia dimuka bumi ini, maka semakin sempit daerah yang dimiliki setiap individu ataupun kelompok.
Dari masalah itu timbulah pikiran untuk saling menguasai kekuasaan, ketamakan,dan ketidakpuasaan dengan apa yang ada. Kekuasaan yang dimiliki tentu saja terdiri dari aset yang bernilai harganya. Diantara dibangun kota. Kota-kota itulah yang pada akhirnya menandakan pembatas dari kekuasaan masing-masing. Sebab akibat dari adanya pembatas itulah yang menimbulkan peperangan untuk saling menguasai tadi. Dan diperkenalkanlah istilah peperangan dalam peradaban manusia yang membawa dampak buruk bagi kehidupan mereka sendiri. Dampak yang ditimbulkan oleh peperangan itu sendiri membawa dampak yang sangat luas biasa.
Perang pada saat Prasejarah diakibatkan karena ingin menguasai daerah tertentu. sikap imperialis sudah di tunjukkan pada zaman mereka dan sikap serakah manusia yang imperialis ini merupakan keturunan dari bangsa mereka sebelumnya. Langkah terbesar dalam pendakian manusia adalah perubahan dari cara hidup nomaden ke desa pertanian, yang dimungkinkan oleh serangkaian peristiwa alam dan manusia. “Settled agriculture creates a technology from which all sciences take off”. Yaitu, pertanian menetap menciptakan teknologi dari mana semua ilmu lepas landas.
Riwayat dari orang dibagi sangat dengan bervariasi. Pertama di situ adalah evolusi biologinya: semua tahapan terpisah itu kita dari nenek moyang siamang kita. Itu terbeset beberapa jutaan tahun. Kemudian di situ adalah riwayat budayanya: gelombang setelah badai panjang dari peradaban terpisah itu kita dari minoritas terus hidup suku perburuan dari Afrika, atau dari makanan gatherers dari Australia. Dan semua detik itu, celah budaya kenyataannya berkerumun ke dalam beberapa ribu tahun. Ini pulang hanyalah tentang duabelas ribu tahun – sesuatu berlalu sepuluh ribu tahun, tapi banyak kurang dari duapuluh ribu. Mulai sekarang aku harus hanya menjadi membicarakan tentang terakhir itu duabelas ribu tahun yang mengandung hampir keseluruhan pendakian dari orang saat kita berpikir dari dia sekarang. Namun perbedaan di antara kedua-duanya angka, yang, di antara skala waktu biologi dan budaya, adalah sangat hebat bahwa aku tidak dapat meninggalkan ini tanpa satu kerling mundur.
Ini ambil paling sedikit dua juta tahun untuk orang ubah dari gelap kecil ciptaan dengan batu pada tangannya, Australopithecus di Afrika Pusat, ke bentuk modern, Sapiens homoseksual. Yang langkah dari evolusi biologi – sungguhpun evolusi biologi dari orang telah lebih cepat dibandingkan yang lain binatang. Tapi yang ini telah mengambil banyak kurang dari duapuluh ribu tahun untuk Homoseksual Sapiens untuk menjadi ciptaan yang kamu dan aku bercita-cita: artis dan ahli sains, ahli bangunan kota dan perencana untuk masa depan, pembaca dan pelancong, penjelajah ingin dari fakta alami dan emosi manusia, sekali lebih kaya di pengalaman dan bolder di imajinasi dibandingkan apapun nenek moyang kita. Yang langkah dengan evolusi budaya; satu kali ini buka, pergi ini sebagai rasio dari itu dua pergi angka, paling tidak seratus kali evolusi lebih cepat dibandingkan biologi.
Satu kali ini buka: yang frasa rumit. Kenapa perubahan budaya yang mempunyai membuat orang sarjana dalam ilmu bumi memulai sangat baru-baru ini? Duapuluh ribu tahun berselang anak-buahi di semua bagian dari dunia yang dia telah menjangkau adalah satu forager dan satu pemburu, siapa paling ilmu pengetahuan tentang teknik lanjutan adalah untuk menyertakan sendiri ke satu gembala berpindah sebagai Lapps masih lakukan. Oleh tahun ribu sepuluh berselang yang mempunyai berubah, dan yang dia telah mulai di beberapa tempat untuk membiasakan beberapa binatang dan untuk menanami beberapa pabrik; dan yang adalah perubahan dari peradaban yang mana buka. Ini luar biasa untuk memikirkan bahwa hanya pada terakhir duabelas ribu tahun yang punya peradaban, saat kita memahami ini, dibuka. Di sana harus adalah satu eksplosi luar-biasa. Ini adalah akhir dari Zaman Es terakhir.
Kita dapat menangkap tampilan dan, sebagaimana, smel dari perubahan pada beberapa pemandangan hal sungai es. Bersemi di permainan ulang Islandia sendiri setiap tahun, tapi ini satu kali dimainkan sendiri berlalu Eropa dan Asia ketika es yang mundur. Dan anak-buahi, siapa mempunyai datang lewat kapal keras yang tidak masuk akal, telah kembara atas dari Afrika berlalu juta tahun terakhir, telah perangi melalui Zaman Es, tiba-tiba mendirikan berbunga halus dan sekitar yang hewan dia, dan menggerakkan ke dalam satu berbeda semacam hidup.
Ini biasanya dipanggil ’ revolusi pertanian ’. Tapi aku berpikir dari ini seperti sesuatu banyak lebih luas, revolusi biologi. Di sana dijalin di dalamnya cocok tanam dari pabrik dan penjinakan dari binatang pada satu semacam lompatan katak. Dan di bawah sini operasikan perbuatan nyata rumit orang itu mendominasi lingkungannya di dalamnya paling penting aspek, tidak secara fisik kecuali pada taraf dari makhluk hidup palnts dan binatang. Dengan yang di situ datangi satu dengan sama revolusi sosial powerfull. Karena sekarang ini menjadi mungkin lebih dari tersebut, ini jadi diperlukan – untuk menganak-buahi atasi. Dan ciptaannya yang telah menjelajahi dan berbaris untuk satu juta tahun yang harus membuat keputusan rumit: apakah akan dia gencat satu nomad dan menjadi satu orang desa. Kita punya satu rekaman anthoropological dari berjuang dari hati nurani dari seseorang yang membuat keputusan ini: rekaman adalah Kitab Injil, Buku Perjanjian Lama. Aku meyakini peradaban itu bersandarkan keputusan itu. Seperti untuk orang-orang siapa jangan terbuatnya, ada sedikit orang yang selamat. Terdapat beberapa nomad suku yang masih membicarakan secara tuntas ini luas transhumance bepergian dari sesuatu menyerempet asas ke lain: Bakhtiari di Ajam, antara lain. Dan kamu yang punya sebenarnya untuk dilaksanakan perjalanan dengan mereka dan kehidupan dengan mereka untuk memahami peradaban itu tidak pernah dapat tumbuh senantiasa bergerak.
Segalanya di hidup nomad adalah tanpa tanda peringatan. Bakhtiari Yang selalu telah berjalan-jalan sendirian, sangat tak terlihat. sukai nomad lain, mereka berpikir dari diri mereka sendiri seperti sekeluarga, anak lelaki dari pendiri tunggal. (pada cara yang sama bangsa yahudi dipergunakan untuk panggil themselve anak-anak dari israel atau Jacob). bakhtiari mengambil
nama mereka dari satu gembala legendary dari waktu Mongol, Bakhyar. legenda dari asal mereka sendiri yang mereka katakan dari dia berawal.
Dan ayah dari orang bukit orang-orang kita, Bakhtyar, keluar dari kecepatan dari southren gunung di era zaman purba. bijinya adalah sebanyak goyang pada gunung, dan orang-orangnya makmurkan.
Gema tentang kitab injil membunyikan berulang-ulang sebagai cerita lanjutkan. kepala keluarga Jacob Yang punya dua isteri, dan telah kerjakan sebagai satu gembala untuk tujuh tahun untuk masing-masing sebesar mereka. bandingkan kepala keluarga dari Bakhtiari:
Yang pertama istri dari Bakhtyar Yang punya tujuh anak lelaki, ayah dari tujuh baris saudara dari orang-orang kita. istri detiknya punya empat anak lelaki. dan anak lelaki kita harus mengira isteri anak perempuan dari ayah mereka tendanya saudara, kalau-kalau berkumpul dan tenda menjadi dispersi.Seperti dengan anak-anak dari Israel, berkumpul adalah terpenting; mereka bukan terbongkar dari urus dari tukang cerita (atau dewan penasehat perkawinan) untuk beberapa saat.
Sebelum 10000 nomad BC orang-orang dipergunakan untuk ikuti migrasi alami dari gembala liar. tapi biri-biri dan kambing tidak punya migrasi alami. mereka yang pertama tentang ribu sepuluh terbiasa tahun berselang hanyalah anjing adalah satu pengikut berkemah alder dibandingkan tersebut. dan ketika menganak-buahi mereka terbiasa, dia tanggung tanggungjawab dari sifat alami; nomad harus memimpin gembala tanpa pengharapan.
Peran dari wanita di suku nomad di narowlly mendefinisikan. di atas semua, fungsi dari perempuan adalah untuk menghasilkan anak-anak orang-orang; terlalu banyak anak-anak dia adalah satu kemalangan langsung, karena pada akhirnya mereka mengancam bencana. terpisah dari tersebut, bea mereka tiduran mempersiapkan makanan dan pakaian. antara lain, perempuan antara Bakhtiari membakar roti pada etika tentang kitab injil, pada kue tidak beragi pada batu panes. tapi para wanita dan masa penantian perempuan untuk memakan hingga yang orang-orang telah makan. orang-orang seperti, lives dari pusat perempuan pada berkumpul. mereka memperah susu gembala, dan mereka membuat satu yoghurt bergumpal dari susu dengan mengocok ini pada satu kantong kulit kambing pada satu bingkai kaku primitif. mereka punya hanyalah teknologi sederhana taht dapat ditangani harian mengadakan perjalanan dari
menempatkan tempatkan. kesederhanaan tidak romantis; ini adalah satu hal survival. everthing harus tersinari cukup dibawa, untuk dibuat tiap sore dan dikemasi jauh lagi tiap pagi. ketika wol spin perempuan dengan sederhana mereka, alat masa lampau, ini adalah untuk penggunaan langsung, untuk membuat reparasi yang penting pada perjalanan tidak ada lagi.
Tidaklah mungkin pada hidup nomad untuk membuat hal-hal yang tidak akan diperlukan untuk beberapa minggu. mereka tidak dapat dibawa. dan sesungguhnya Bakhtiari tidak mengetahui bagaimana caranya membuat mereka. kalau mereka memerlukan teko logam, mereka mengukarkan mereka dari orang-orang teratasi atau dari satu kasta pekerja gipsi siapa specialise pada logam. satu kuku, satu pijakan kaki, satu anak-anakan, atau satu belnya anak adalah apapun yang ditukar dari luar suku. hidup bakhtiari adalah juga sempit untuk mempunyai waktu atau keterampilan untuk specialisation. ada tidak ada kamar untuk inovasi, karena di situ dan pergi semua hidup mereka, untuk mengembangkan satu alat baru atau satu baru thougth tidak bahkan suatu nada baru. satu-satunya adat kebiasaan yang terus hidup adalah adat kebiasaan yang tua. satu-satunya ambisi dari anak lelaki adalah untuk seperti ayah.
Ini adalah hidup tanpa fitur. tiap malam adalah akhir dari satu hari seperti terakhir, dan tiap pagi akan begining dari satu perjalanan seperti hari sebelum. ketika pecah hari, ada satu pertanyaan di semua orang urus: dapat berkumpul menjadi peroleh dalam yang akan datang kelulusan tinggi? Satu hari pada perjalanan, kelulusan paling tinggi dari semua harus diseberangi. ini adalah Zadeku kartu tanda lewat, duabelas ribu foot tinggi pada Zagros, yang berkumpul harus bagaimanapun juga menggelut melalui atau susup di dalamnya jangkauan bagian atas. untuk suku harus maju, gembala harus menemukan gembala lagi tiap hari, karena di pengembalaan kemuliaan ini dilelahkan di hari tunggal.
Setiap tahun Bakhtiari menyeberangi enam jangkauan pegunungan pada perjalanan keluar (dan seberangi mereka lagi untuk kembali). mereka berbaris melalui salju dan banjir bersemi siram. dan di hanyalah sesuatu menghormati mempunyai hidup mereka memajukan berada di luar ribu sepuluh tersebut tahun berselang. nomad dari saat itu yang harus melaksanakan perjalanan berjalan kaki dan membawa pak mereka sendiri. Bakhtiari Yang punya kuda binatang beban, keledai, keledai yang mempunyai hanyalah telah dibiasakan sejak saat itu. tidak ada yang lain pada hidup mereka adalah baru. dan tidak ada apapun adalah mengesankan. Nomad tidak punya tanda peringatan, bahkan ke mati (Yang Bakhtyar, yang Jacob terpendam?)
Satu-satunya gundukan tanah yang bangun mereka adalah untuk menandai jalannya di tempat demikian sebagai Kelulusan dari perempuan, curang tapi lebih mudah untuk hewan dibandingkan kelulusan tinggi.
Migrasi bersemi dari Bakhtiari adalah satu pengembaraan gagah berani; dan namun Bakhtiari adalah tidak begitu banyak gagah berani sebagai orang yang tabah. mereka diundurkan diri karena tidak dimanapun juga pimpinan pengembaraan. gembala musim panas themselve hanya akan menjadi satu stop anak-anak tidak sama dengan palce dari Israel, untuk mereka di situ adalah tidak ada darat dijanjikan. kepala dari yang keluarga telah mengerjakan tujuh tahun, seperti Jacob lakukan, untuk membangun satu berkumpul dari lima puluh biri-biri dan kambing. dia mengharapkan untuk kehilangan sepuluh mereka pada imigration kalau hal-hal pergi baik. kalau mereka pergi dengan sangat buruk, dia mungkin kehilangan duapuluh di luar pagar dari itu lima puluh. itu adalah aneh dari hidup nomad, tahun di dan tahun keluar. dan berada di luar tersebut, pada akhir dari perjalanan, di sana akan masih menjadi kecuali tidak ada apapun satu tak terukur, pelepasan jabatan tradisional.
Siapa mengetahui, di tiap orang tahun, apakah yang tua ketika yang mereka telah menyeberangi kartu tanda lewat akan mampu untuk rupa final uji: penyeberangan dari Sungai Bazuft? tiga bulan air pelelehan telah membengkak sungai. tribesmen, perempuan, binatang beban dan berkumpul adalah semua lelah. ini akan mengambil satu hari untuk menghajar berkumpul ke seberang tiver. tapi ini, di sini, sekarang adalah hari test. hari ini adalah hari pada yang mana muda menjadi orang-orang, karena survival dari gembala dan keluarga bergantung kepada kekuatan mereka. menyeberangi Sungai Bazuft seperti penyeberangan Jordan; ini adalah baptis ke kedewasaan. untuk anak muda, hidup untuk beberapa saat nampak hidup sekarang. dan untuk yang tua untuk yang tua, ini meninggal.
Apa yang terjadi untuk yang tua ketika. mereka tidak dapat menyeberangi sungai terakhir? tidak ada apapun. Mereka tinggalkan memeninggal. hanyalah anjing dibingungkan untuk melihat satu orang satu bandoned. orang menerima adat nomad; dia telah datang ke akhir dari perjalanannya, dan di situ adalah tidak ada menempatkan pada bagian akhir.
Jericho adalah lebih tua dibandingkan pertanian. yang pertama orang-orang yang datang kemari dan diatasi oleh bersemi di ini jika tidak asas hancur adalah orang-orang yang memanen
gandum, tapi belum mengetahui bagaimana caranya mengebunkan ini. kita mengetahui ini karena mereka membuat alat untuk panen liar, dan yang adalah satu potongan luar-biasa dari bidik-depan. mereka membuat di luar pagar arit dari batu api yang mana telah terus hidup; Jhon Garstang mendirikan mereka ketika dia sedang menggali sini pada 1930. arit masa lampau tepi akan telah disetel di masing-masing horn rusa, atau tulangi.
Di sana tidak lagi terus hidup, berdasarkan pada hll atau tel dan ini miringkan, semacam gandum liar itu orang setempat paling awal panen. tapi lalang itu masih sini harus terlihat sangat seperti gandum yang mereka dirikan, bahwa mereka mengumpulkan untuk pertama kali oleh segenggam, dan potong dengan yang sawing bergerak pada arit pengetam itu telah pergunakan bagi seluruh tahun ribu sepuluh sejak itu. yang Natufian pra civilisation pertanian. dan, tentu, ini tidak dapat bertahan. ini berada di atas susur dari makin pertanian. dan yang adalah hal berikutnya yang terjadi pada Jericho Tel.
Titik putar ke awur dari pertanian pada Masa Lampau hampir bisa dipastikan kejadian dari dua bentuk gandum dengan satu besar, kepala penuh dari biji. sebelum 8000 gandum BC bukan pabrik berlebih ini adalah hari ini; ini sekadar satu dari banyak liar merumput taht mengawurkan sepanjang timur tengah. oleh beberapa kecelakaan genetik, gandum liar berselisih dengan satu rumput kambing alami dan dibentuk satu bastar biak. itu kecelakaan harus dimiliki terjadi kerap kali pada bersemi nabati yang tersembul setelah Zaman Es terakhir. dalam kaitan dengan permesinan genetik itu perkembangan langsung, ini berkombinasi empat belas kromosom dari gandum liar dengan empat belas chrmosomes dari rumput kambing, dan dihasilkan Emmer dengan duapuluh delapan kromosom. yang apa membuat Emmer sekian banyak plumper. bastar mampu untuk awur secara alami, karena ini membibiti terikat kasih sayang dengan kulit sedemikian yang mereka sebar pada angin.
Untuk bastar seperti itu biak adalah jarang tetapi bukan unik antara pabrik. tapi sekarang cerita dari hidup tanaman kaya yang katut Zaman Es menjadi lebih kejut. di sana adalah satu kecelakaan genetik detik, yang yang mungkin sudah tiba sekitar karena Emmer telah ditanami. Emmer berselisih dengan rumput kambing alami lain dan satu statis dihasilkan bastar lebih besar dengan empatpuluh dua kromosom, yaitu gandum roti. yang cukup tidak mungkin dengan sendirinya, dan kita mengetahui sekarang roti itu gandum tidak akan telah biak tapi untuk satu mutasi genetik spesifik pada kromosom sesuatu.
Namun di situ adalah apapun bahkan orang asing. sekarang kita yang punya satu telinga indah dari gandum, tapi sesuatu yang yang tidak akan pernah terangin-angin pada angin karena telinga adalah juga ketat untuk pisahkan. dan kalau aku mematahkan ini atas, kenapa, kemudian sekam terbang kabur dan tiap-tiap reruntuhan buah biji-bijian persis dimana ini tumbuh. biar aku mengingatkan kamu, itu sangat berbeda dari gandum liar atau dari yang pertama, bastar primitif, Emmer. di bentuk primitif itu telinga adalah jauh lebih buka, dan kalau telinga memisahkan maka kamu memperoleh benar-benar akibat berbeda kamu memperoleh buah biji-bijian yang yang akan terbang pada angin. gandum roti telah kehilangan bahwa kemampuan. tiba-tiba, orang dan pabrik sudah tiba bersama-sama. orang punya satu gandum yang dia lives oleh, tapi gandum juga memikirkan orang itu dibuat untuk dia sebab hanyalah sangat dapatnya menjadi sebarkan. untuk gandum roti dapat hanya memperbanyak dengan pertolongan; orang harus memanen telinga dan menyebar biji mereka; dan hidup dari masing-masing, orang dan pabrik, bergantung kepada yang lain. ini adalah satu dongeng peri benar dengan genetik, seperti kalau keturunan civilisation telah diberkahi sebelumnya oleh semangat dari Gregor Mendel kepala biarawan.
Satu kata penghubung bahagia dari peristiwa alami dan manusia menciptakan pertanian. pada Masa Lampau yang terjadi sekitar ribu sepuluh tahun berselang, dan ini terjadi pada Bulan Sabit biak dari timur tengah. tapi ini sungguh pasti terjadi lebih dari satu kali. pertanian certanly hampir ditemukan lagi dan dengan mandiri pada Dunia Baru atau seperti itu kita bersandar bukti kita sekarang punyai jagung itu orang dibutuhkan menyukai gandum. seperti untuk Timur Tengah dia, pertanian terangin-angin di sini dan di sana berlalu slop kemiringan berbukit-bukitnya, dari yang mana pendakian dari Laut Mati ke Judea, daerah pedalaman dari Jericho, ada di satu karakteristik terbaik potongan dan tidak ada lagi. pada satu rasa harafiah, pertanian mungkin untuk mempunyai beberapa awal pada Bulan Sabit Biak, beberapa di antara mereka sebelum Jericho.
Namun Jericho mempunyai beberapa fitur yang membuat ini menurut sejarah unik dan memberikan ini satu status simbolis darinya sendiri. tidak sama dengan desa terlupakan di tempat lain, ini adalah sangat besar, lebih tua dibandingkan Kitab Injil, lapisan pada saat lapisan dari riwayat, satu kota. gula-gula masa lampau menyiram kota dari Jericho adalah satu oase pada tepi dari sunyi siapa bersemi sedang mengoperasikan dari prasejarah times membenarkan ke dalam kota modern hari ini. di sini gandum dan air mendatangi bersama-sama dan, di rasa itu, di sini orang memulai civilisation. di sini, juga, badui yang mendatangi dengan gelap mereka redam menentang dari sunyi, melihat waspada pada hidup jalan baru. itulah kenapa Joshua membawakan bangsa dari israel suku sini pada cara mereka untuk tanah terjanji karena gandum dan air, mereka membuat civilisation; mereka membuat janji dari satu alir darat dengan susu dan madu. gandum dan air mengarahkan tandus itu kaki gunung ke dalam kota paling tua dari dunia.
Oleh 6000 BC Jericho adalah satu hari perhitungan pertanian besar. Kathleen Kenyon menaksir bahwa ini mengandung tiga ribu orang-orang, dan terliput delapan atau sepuluh akre pada perempuan walls.the giling gandum dengan batu berat menerapkan yang mengenali satu komunitas teratasi. bentuk orang-orang, ditepuk dan cetak lempung untuk bata bangunan, beberapa paling awal dikenal. tanda dari cap jempol pembuat bata masih di situ. orang, sukai gandum roti, kini tetap pada tempatnya. satu komunitas teratasi juga mempunyai satu hubungan berbeda ke mati. orang setempat dari Jericho memelihara beberapa tengkorak dan terliput mereka dengan memperinci dekorasi. tak seorangpun ketahui kenapa, kecuali jika ini adalah satu aksi disebabkan.
Tak seorangpun yang dibawakan berdasarkan pada Buku Perjanjian Lama, seperti aku, dapat meninggalkan Jericho tanpa minta dua pertanyaan; Lakukan Apakah akhirnya menghancurkan kota ini? dan lakukan tembok alangkah datangi terguling bawah? itu adalah pertanyaan yang membawakan orang-orang ke lokasi ini dan putaran ini ke dalam satu legenda hidup. untuk yang pertama pertanyaan, ada satu jawaban mudah: Ya. bangsa dari israel suku sedang memperangi untuk memperoleh ke dalam Bulan Sabit biak yang mana dioperasikan atas pantai Mediteranian, penggelunturan pegunungan dari Anatolia, dan putuskan ke arah Tigris dan Euphrates. dan sini di Jericho adalah kunci itu terkunci cara mereka atas pegunungan dari Judea dan terbongkar ke dalam daerah subur Mediterania. mereka ini harus taklukkan, dan mereka lakukan sekitar 1400 BC tentang tiga ribu tigaratus ke tiga ribu empat ratus tahun berselang. cerita Kitab Injil bukan dicatat hingga barangkali 700 BC; yang, rekening akan dua ribu enam ratus tahun usia sebagai satu rekaman tertulis.
Tapi lakukan tembok mendatangi terguling bawah? kita tidak mengetahui. ada tidak ada bukti arkeologis di sini lokasi itu saran itu seperangkat sesuatu tembok hari baik alangkah mencurah flat. tapi banyak setelan dari tembok mencurah, di waktu yang berbeda. terdapat sebuah Umur Perunggu periode sini dimana seperangkat tembok dibangun kembali paling tidak enam belas kali. karena ini adalah negara gempa. ada gemetaran sini masih tiap hari; ada empat berguncang utama di abad. itu hanyalah di tahun terakhir yang kita yang telah datang ke undestand kenapa gempa mengoperasikan sepanjang lembah ini. terletak laut merah dan Laut Mati sepanjang satu lestarian retak lembah besar dari Afrika Timur. di sini dua diantara lempeng angkut itu daratan saat mereka terapung pada baju hujan denser dari kendara bumi berdampingan. seperti mereka thurst yang lampau satu sama lain sepanjang retak ini, permukaan dari bumi echoes ke goncangan sumur itu atas dari di bawah. sebagai hasil, gempa selalu telah meletus sepanjang poros pada yang mana terletak Laut Mati. Dan pada pandanganku itulah kenapa Kitab Injil adalah penuh dengan ingatan dari keajaiban alami: beberapa banjir masa lampau, beberapa kering berlari dari Laut Merah, Jordan kering berlari, dan tembok dari Jericho menggagalkan.
Kitab injil adalah satu riwayat curiga, pisahkan cerita rakyat dan rekaman bagian. riwayat adalah, tentu, ditulis oleh pemenang, dan Israelis, ketika mereka meledakkan melalui sini, dijadi pembawa dari riwayat. kitab injil adalah cerita mereka: riwayat dari seseorang yang punya berhenti menjadi nomad dan kepastoran dan harus menjadi satu suku pertanian.
Bertani dan peternakan tampak pengejaran sederhana, tapi arit Natufian adalah satu sinyal untuk memperlihatkan kita bahwa mereka tidak diam tidak bergerak. tiap-tiap langkah pada penjinakan dari hidup pabrik dan binatang memerlukan penemuan, mulai yang sebagai alat teknis dan dari yang mengalir prinsip ilmiah. alat dasar dari nimblefingered memikirkan terletak sekitar, tidak mempengaruhi, di apapun desa dimanapun di dunia. persediaan melimpah mereka dari keahlian kekecilan dan akal dan tipu muslihat adalah sebagai banyak akal, dan pada satu rasa dalam seperti penting pada pendakian dari orang, seperti semua piranti dari fisika inti: goda, jarum penggerek, teko, anglo, sekop, kuku, dan sekrup, embusan, dawai, simpul, bayangi, pakaian kuda, cangkuk, tombol penekan, sesuatu sepatu dapat menyebutkan seratus dan tidak menghadang untuk nafas. kesempurnaan berasal dari saling mempengaruhi dari penemuan; satu budaya adalah satu pendarab ide, dimana masing-masing alat baru percepat dan perbesar kekuatan dari sisa.
Mengatasi pertanian menciptakan satu teknologi dari yang mana semua fisika, semua pengetahuan buka. ketika yang dapat melihat ini pada perubahan dari arit awal untuk mendiang. pada mulanya mengerling mereka melihat sangat banyak mirip: arit dari tahun ribu sepuluh berselang gatherer, dan arit dari sembilan ribu tahun berselang ketika gandum ditanami. tapi lihat lebih lekat. gandum ditanami adalah sawed dengan satu tepi bergigi tajam: karena kalau kamu memukul gandum, kemudian akan buah biji-bijian curah ke halus; tapi kalau kamu gergaji perlahannya, buah biji-bijian akan diselenggarakan pada telinga dari jagung. dan arit telah ditiru ini selalu sejak itu ke dalam waktu kanak-kanakku pada perang dunia pertama, ketika arit dibengkok dengan tepi bergigi tajam masih apa kamu memotong gandum dengan. satu teknologi seperti tersebut, pengetahuan fisik menyukai tersebut, datangi ke kami di luar pagar dari tiap-tiap bagian dari hidup pertanian sangat secara spontan yang kita merasakan seperti kalau ide menemukan orang, rada dibandingkan yang lain cara tentang.
Penemuan yang paling kuat pada semua pertanian adalah, tentu, bajak. kita berpikir dari bajak sebagai satu baji membagi tanah. dan baji adalah satu mekanis awal yang penting penemuan. tapi bajak juga apapun jauh lebih fundamental: ini adalah satu ungkit yang mengangkat tanah, dan ini adalah antara yang pertama aplikasi dari prinsip dari ungkit. ketika, merindukan setelah itu, Archimedes menjelaskan teori dari ungkit ke Yunani, dia mengatakan itu dengan satu fulkrum untuk ungkit dia dapat menggerakkan bumi. tapi ribuan tahun sebelum itu ploughmen dari timur tengah sedang mengatakan ' Memberikan aku satu ungkit dan aku akan memberi makan bumi '.
Aku punya ulang bertanda bahwa pertanian ditemukan paling tidak sekali lagi, banyak kemudian, di Amerika. tapi bajak dan roda bukan, karena mereka bergantung kepada campuran animal.the melangkah berada di luar sederhana pertanian di timur tengah adalah penjinakan dari binatang campuran. kegagalan untuk membuat biologi itu gerakan mempertahankan belakang Dunia Baru pada taraf dari pentung gali dan pak; ini bahkan tidak tanpa diduga rodanya pembuat barang tembikar.
Roda ditemukan untuk pertama kali sebelum 3000 BC di apa kini penemuan selatan awal Russia.these adalah roda kaku yang kekar menyertakan ke satu getek lebih tua atau pengeretan untuk isi gambar, yang di situ oleh adalah convertedinto satu cart.from kemudian pada dan poros sumbu roda menjadi akar ganda dari penemuan yang mana tumbuh. antara lain, ini diarahkan ke dalam satu instrumen untuk gandum gerinda dan mempergunakan kekuatan dari sifat alami untuk lakukan tersebut; kekuatan hewan pertama, dan kemudian kekuatan dari angin dan air. roda menjadi satu model bagi seluruh gerak dari gantian, satu norma keterangan dan satu lambang surgawi dari lebih dari manusia daya di pengetahuan dan di seni matahari alike.the adalah satu kereta perang roda, dan langit sendiri adalah satu roda, bentuk waktu yang babilonia dan dipetakan Yang Yunani pemutaran dari atsir penuh bintang. di alami pengetahuan modern gerak (yang, gerak tak terganggu) masuk satu garis lurus; tapi untuk pengetahuan Yunani, bentuk dari mation bahwa tampak alami (yang, yang tidak bisa dipisahkan di sifat alami) dan sesungguhnya sempurna bergerak tanpa kemajuan.
Sumber:
http://ugomagician.blogspot.com
http://ejjaaizz.blogspot.com
http://pleasedontmasuk.blogspot.com
No comments:
Post a Comment