Pages

Sunday, June 10, 2012

Sistem Digital dan IMK (Interaksi Manusia dengan Komputer)

Apa itu Sistem Digital?

Sistem Digital merupakan sebuah sistem yang berfungsi untuk mengukur suatu nilai atau besaran yang bersifat tetap atau tidak teratur dalam bentuk diskrit berupa digit atau angka. 

Sistem Digital dan Hubungan dengan IMK

Dalam jurusan saya ini Sistem Komputer (SK), Sistem Digital merupakan praktikum lanjutan dari Elektronika Dasar yang masih dalam satu naungan yaitu Laboratorium Elektronika Dasar. Apa ada hubungan antara Sistem Digital dengan IMK (Interaksi Manusia dan Komputer)? Tentu saja Sistem Digital mempunyai hubungan dengan IMK. Dalam Sistem Digital kita mengenal adanya rangkaian Encoder dan Decoder, dimana Encoder merupakan rangkaian digital yang dapat mengubah bahasa yang dimengerti manusia menjadi bahasa yang dimengerti mesin (desimal ke biner) sedangkan Decoder merupakan rangkaian digital yang dapat mengubah bahasa yang dimengerti mesin menjadi bahasa yang dimengerti manusia (biner ke desimal). Kedua rangkaian itu merupakan contoh dari interaksi manusia dengan komputer. Manusia memiliki bahasa sendiri namun bahasa yang digunakan manusia tidak bisa diterjemahkan langsung oleh komputer melainkan dengan merubahnya terlebih dahulu, begitu pula sebaliknya.

Seperti praktikum Elektronika Dasar, praktikum Sistem Digital juga mengharuskan praktikan untuk membuat suatu proyek alat. Saya mengambil proyek yang berjudul Dice Project. Dice Project rangkaian yang mempunyai output berupa jumlah nyala LED (Light Emitting Diode) sebagai pengganti dadu tradisional. Hal ini ditujukan untuk menghemat energi dan waktu kita dari pada melempar dadu tradisional. Cukup dengan menekan Push Switch maka LED akan mengeluarkan output berupa nyala dalam jumlah yang random (acak). 

Selain proyek diatas, Sistem Digital mengajak kita berinteraksi dengan komputer dengan menggunakan perangkat lunak (software) bernama Xillinx ISE 9.2i. Xillinx merupakan software yang digunakan untuk merancang, membuat dan mengaplikasikan sebuah rangkaian digital. Dengan software ini kita bisa mengetahui output dari suatu rangkaian yang kita buat. Software ini terbilang cukup mudah untuk digunakan untuk pemula jika membaca tutorial dengan baik dan benar. Namun ada kekurangan dalam software ini, softaware ini memerlukan komputer dengan spesifikasi baik. Jika tidak maka program sering tidak merespon (Not Responding) saat dijalankan. Ada baiknya softaware ini dibuat menjadi lebih ringan proses kerjanya sehingga bisa digunakan oleh komputer yang berspesifikasi sedang-sedang saja.

Demikianlah apa yang dapat saya tulis mengenai Sistem Digital dan IMK. Mohon maaf jika terdapat kesalahan didalamnya.


No comments:

Post a Comment